Transportasi air khas Brisbane: CityCat

Salah satu ciri khas kota Brisbane yang tidak dimiliki oleh kota lain di Australia adalah moda transportasi airnya yang diberi nama CityCat (singkatan dari City Catamaran). CityCat adalah moda transporasi publik yang menggunakan jalur air yaitu Sungai Brisbane dan dijamin bebas macet…).

Keunggulan lain dari CityCat adalah jam layanannya yang cukup lama (rata-rata dimulai dari jam 5.25 pagi hingga 12 malam dengan frekuensi pada jam sibuk sekitar setiap 15 menit sekali).

CityCat akan berhenti di setiap “terminal” atau dermaga dan memiliki dua arah tujuan akhir, yaitu down stream (menuju ke hilir alias ke laut) yang berakhir di terminal di Hamilton (utara kota Brisbane) dan up stream (menuju ke hulu) yang berakhir di terminal kampus the University of Queensland. Singkatnya, CityCat beroperasi seperti trayek kereta api namun hanya memiliki satu “trek”.

Kampus saya, QUT dan juga University of Queensland termasuk “beruntung” karena dilewati oleh trayek CityCat ini. Bahkan terminalnya pun terletak sangat dekat dengan kompleks kampus dan bahkan diberi nama sesuai nama kampus masing-masing.

Metode pembayaran di CityCat adalah secara tunai/kas atau menggunakan kartu transportasi khusus untuk Brisbane yang disebut GoCard. Kartu ini semacam kartu magnetik yang dapat diisi ulang dengan nominal tertentu. Setiap kali pemegang kartu menggunakan salah satu moda transportasi publik (bis, kereta api maupun CityCat), kartu ditempelkan di mesin pembaca kartu. Demikian pula ketika pemegang kartu tiba di tujuan, kartu kembali ditempelkan di mesin.

Setiap “armada” CityCat diawaki oleh tiga orang, nahkoda (alias pengemudi), “masinis”/kasir yang bertugas menerima pembayaran dan juga memberi pengumuman di setiap dermaga perhentian, dan petugas yang membukakan pintu dan akses naik/turun bagi penumpang.

Di bawah ini adalah foto salah satu “terminal” CityCat, yaitu terminal Guyatt Park yang merupakan “halte” terdekat ke rumah saya. Terminal ini merupakan salah satu terminal yang memiliki desain lama.

Jpeg

Jpeg

Terminal dengan desain baru salah satunya adalah terminal yang terletak di kompleks kampus saya, QUT. Berikut ini adalah salah satu fotonya:

cropped-p_20151130_121624_pn_qut-gp-ferry-terminal.jpg

Berikut adalah tautan ke tulisan saya di blog ini juga yang saya tulis ketika saya pertama kali mencoba naik CityCat:

Menyusuri Sungai Brisbane dengan CityCat

Di bawah ini adalah beberapa tautan ke laman yang memuat informasi mengenai CityCat (hak cipta pada masing-masing penyedia):

https://www.brisbane.qld.gov.au/traffic-transport/public-transport/citycat-ferry-services

http://www.brisbane-australia.com/brisbane-city-cats.html

http://citycattour.com/#home.html

https://www.tripadvisor.com.au/Attraction_Review-g255068-d1402943-Reviews-CityCat_Ferry-Brisbane_Brisbane_Region_Queensland.html

https://en.wikipedia.org/wiki/Transdev_Brisbane_Ferries

http://translink.com.au/tickets-and-fares/fares/discounts-and-ways-to-save#go-card

(copyright: J’s infrequent videos; courtesy of Youtube)