Parkir mobil di Brisbane

Parkir mobil di Brisbane

Secara umum, parkir mobil di Brisbane dapat dibagi menjadi dua kondisi: a) parkir di gedung/kompleks parkir b) parkir di pinggir jalan (on-street parking).

Parkir di gedung/kompleks parkir pada umumnya mencakup pengambilan tiket parkir di pintu masuk dan pembayaran di mesin pembayaran sebelum keluar dari lokasi parkir. Pengecualian bagi kondisi ini adalah dalam hal kita melakukan booking parkir secara online. Dalam hal booking online (tergantung apakah fasilitas booking online ini disediakan oleh perusahaan penyedia parkir), pada umumnya kita akan mendapat PIN (empat digit angka) yang dapat kita input pada layar input di gerbang masuk.

IMG_20140315_112924

IMG_20140621_102556

(layar sentuh di pintu masuk gedung parkir. Jika kita melakukan pemesanan tempat parkir melalui internet (online), kita akan mendapat nomor PIN yang harus kita ketik di layar sentuh dimaksud untuk dapat masuk dan keluar fasilitas tempat parkir). Info tambahan: pada umumnya booking online akan memberikan tarif parkir yang lebih murah daripada go-show atau on the spot parking, terlebih pada hari sabtu/minggu/public holiday. Perusahaan parkir besar di Brisbane al Secure Parking, Wilson Parking dan perusahaan parkir milik pemda Brisbane (Brisbane City Council).

Apabila tidak terdapat fasilitas booking online atau kita tidak menggunakannya, maka ketentuan yang berlaku adalah: ketika kita masuk kawasan parkir, kita harus mengambil tiket parkir dengan cara menekan tombol yang tersedia di gerbang parkir. Kemudian ketika akan meninggalkan tempat parkir kita harus melakukan pembayaran pada mesin yang disediakan. Pada saat pembayaran, tiket masuk harus discan di dalam mesin untuk dapat digunakan/membuka gate pada saat kita keluar. Secara umum, waktu yang tersedia bagi kita sejak melakukan pembayaran hingga kita meninggalkan lahan parkir (keluar pintu gerbang) adalah sekitar 15-20 menit. Alternatif lainnya adalah, apabila kita memiliki kartu ATM/kartu kredit yang valid, maka kita dapat menempelkan kartu pada saat masuk maupun keluar area perparkiran. Namun hal ini tergantung pada ketersediaan mesin pembaca di gerbang masuk/keluar area parkir.

Dalam hal kita memarkir kendaraan di pinggir jalan, maka kita harus mempehatikan rambu yang tersedia dan juga apakah di lokasi sekitar terdapat mesin untuk menerima pembayaran. Apabila tidak tersedia mesin parkir di sekitar lokasi parkir, maka secara umum parkir di lokasi tersebut adalah gratis (ini berlaku pada umumnya di lokasi perumahan atau taman, kecuali di sekitar pusat kota/city atau sekitar kampus tertentu seperti di University if Queensland).

Sebelum kita meninggalkan kendaraan, kita harus melakukan pembayaran di mesin yang tersedia termasuk melakukan input nomor kendaraan kita di mesin tsb. Di beberapa tempat, kita diminta untuk meninggalkan tanda pembayaran di dalam mobil, di lokasi yang mudah terlihat dari luar. Misalnya di atas dashboard mobil. Hal ini untuk memudahkan petugas/polisi yang secara acak akan melakukan pengecekan.

Dalam hal parkir di pinggir jalan, hal terpenting yang perlu kita perhatikan adalah apakah kita diperbolehkan parkir di tempat tsb? Apabila iya, berapa lama batas waktu parkir di tempat tersebut? Perhatikan juga kondisi hari-hari tertentu yang mengecualikan kondisi umum (misalnya apakah hari sabtu-minggu berbeda dengan hari biasa).

IMG_20140315_172325

Di atas adalah contoh mesin pembayaran parkir yang tersedia di kawasan UQ

IMG_20140321_165137

IMG_20140317_175524

Di atas adalah contoh bukti pembayaran parkir yang harus ditaruh di dalam mobil dan berada dalam posisi yang mudah dilihar dari luar mobil

IMG_20140315_172339

Pada gambar di atas, tertera angka 14P yang artinya kita diperbolehkan memarkir kendaraan  maksimal selama 14 jam pada rentang waktu pukul 7 sd 9 di hari Senin sd Jumat. Tarif yang berlaku adalah per jam. Karena terdapat ketentuan hari Senin sd Jumat, maka pada hari Sabtu/Minggu atau hari libur nasional (public holiday), maka ketentuan parkir berbayar tidak berlaku di hari-hari tersebut.

IMG_20140503_141137

IMG_20140503_141147

IMG_20140503_141059

IMG_20140524_083113

Foto di atas adalah mesin bayar parkir di Brisbane Airport. Pengguna lahan parkir harus melakukan pembayaran di mesin ini (cash maupun kredit) dan memvalidasi kartu parkir agar dapat membuka pintu keluar lahan parkir (tidak ada petugas yang menjaga, semua dilakukan dengan bantuan mesin)

Di beberapa ruas jalan di kawasan tertentu, berlaku pembatasan parkir dengan pengecualian bagi penghuni (resident) di sekitar kawasan tersebut. Seperti misalnya di kawasan tempat tinggal saya di Mitre Street, pada hari dan jam kerja berlaku pembatasan parkir selama maksimal 2 jam. Pengecualian berlaku bagi pemegang Resident Parking Permit atau semacam ijin yang dikeluarkan oleh Pemda Brisbane (Brisbane City Council). Ijin ini diterbitkan berdasarkan permohonan dari warga ybs dengan melengkapi berkas-berkas tertentu seperti kontrak sewa rumah dan registrasi kendaraan. Biaya untuk membuat ijin ini tidak mahal yaitu AUD 10 dan berlaku selama satu tahun. Surat ijin tersebut berbentuk stiker yang harus dipasang di kendaraan ybs (untuk mobil, stiker dipasang di kaca depan sisi penumpang).

p_20160623_111001.jpg

p_20160623_111131.jpg

Leave a comment